Selasa, 06 Juni 2017

Bisnis Footwear dan Business Advisor

Tulisan 3
Jika  kami mendapatkan modal yang cukup untuk mendirikan sebuah UKM,  kami akan mendirikan sebuah bisnis di bidang fashion yaitu bisnis Footwear. Footwear adalah sepatu yang sampai ke pergelangan kaki, digunakan untuk melindungi kaki dan memiliki style yang sangat banyak dan terbuat dari banyak macam bahan. Dikarenakan trend footwear yang semakin hari semakin berinovasi mulai dari bentuk sepatu maupun bahan sepatu yang digunakan. Alasan kami memilih bisnis Footwear ini didasari oleh beberapa hal diantaranya :
1.      Footwear merupakan sepatu atau sendal yang sangat wajib digunakan dikalangan masyarakat.
2.      Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sepatu atau sendal berbagai macam.
3.    Bentuk atau model sepatu atau sendal itu sendiri dapat kita kreasikan sesuai dengan permintaan pasar saat ini/mengikuti trend jaman sekarang.

Berikut pembahasan tentang analisis 4P, cara kerja produk, target pasar dan pangsa pasar, serta model bisnis dari produk kami :
4P (Product, Price, Place, Promotion)
1.      Produk (Product)
Produk yang akan kami jual adalah footwear, seperti :
ü  Flatshoes
ü  Heels
ü  Boots
ü  Platform
ü  Sandals
ü  Sneakers
ü  Wedges
2.      Harga (Price)
Harga yang kami targetkan untu footwear tersebut berkisar antara Rp.100.000 – Rp.400.000 tergantung dari bahan yang digunakan dan model atau bentuknya.
3.      Tempat (Place)
Keberhasilan suatu usaha juga didukung oleh dimana letak perusahaan tersebut didirikan. Bisnis Footwear ini sendiri akan kami buatkan sebuah ruko kecil untuk tempat kami menjual produk Footwear kami.
4.      Promosi (Promotion)
Untuk meningkatkan penjualan, maka bisnis kami harus memiliki strategi pemasaran yang baik. Hal – hal yang dapat dilakukan oleh bisnis Footwear kami adalah :
ü  Pembagian brosur
ü  Memasang iklan
ü  Menaruh produk kami kedalam situs e-commerce
ü  Melakukan system Endorsement kepada para Seelebgram (cara ini termasuk ampuh untuk jaman sekarang yang sudah serba teknologi)

Target dan Pangsa Pasar
Dalam menjalankan usaha, seorang pengusaha harus tahu target dan pangsa pasarnya. Segmentasi pasar digunakan untuk meneliti pasar secara keseluruhan dan kemudian menempatkan konsumen dalam kelompok terpisah berdasarkan karakteristik umum. Setelah mengklasifikasikan konsumen, barulah suatu perusahaan dapat mengetahui kelompok mana yang terbaik dan tepat menjadi target pemasaran.
a.      Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar untuk penjualan Footwear ini kami fokuskan pada penjualan di wilayah perkotaan. Karena berdasarkan pertimbangan kami, penduduk di wilayah perkotaan cenderung lebih konsumtif jika dibandingkan dengan penduduk yang tinggal di wilayah pedesaan.
b.      Target Pasar
Target pasar pada penjualan Footwear ini untuk kalangan menengah khususnya dikalangan remaja atau mahasiswa. Karena promosi bisnis kami mengutamakan media sosial yang umumnya digunakan oleh kalangan muda, maka dari itu remaja atau mahasiswa merupakan target pemasaran yang cocok untuk bisnis kami.
Peluang Bisnis Footwear
Dalam mencari peluang usaha yang sekiranya akan dapat survive dan juga eksis dimasa yang akan datang memang merupakan tantangan tersendiri. Kreatifitas dalam menggali ide sebaiknya memang dibuka lebar-lebar termasuk jenis ide bisnis jualan sandal dan sepatu yang akan kita ulas lewat artikel ini. Salah satu usaha yang kami rasa kedepan masih mempunyai prospek yang cukup bagus mengingat sandal dan sepatu merupakan salah satu dari kebutuhan manusia.
Setiap orang biasanya membutuhkan sandal dan juga sepatu. Maka dari itu usaha jualan berbagai jenis sandal dan juga sepatu inilah salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Untuk itu bisnis inilah yang tak ada habisnya tinggal bagaimana strategi kita dalam memanfaatkan usaha ini.
Model Bisnis

            Model bisnis adalah suatu metode dalam melakukan bisnis agar perusahaan dapat menghasilkan pendapatan untuk mempertahankan keberadaan perusahaannya (Turban.2004,p11). Secara sederhana, model bisnis adalah rencana untuk bagaimana sebuah perusahaan akan menghasilkan uang. Dalam menjalankan bisnis Footwear ini, kami menerapkan model bisnis offline dan online. Model bisnis offline artinya pembeli dapat datang langsung ke toko untuk membeli produk yang mereka inginkan. Sedangkan model bisnis online maksudnya adalah pembeli dapat membeli produk kami dengan cara online atau tidak datang langsung ke toko. Kami akan bekerja sama dengan Go-Jek dan Grab untuk memudahkan pembeli melakukan pembelian secara online.


BUSINESS ADVISOR

Zaskia Sungkar
Zaskia Sungkar merupakan salah satu vokalis dari duo vokal yang bernama The Sisters. Salah satu vokalis dari The sisters adalah adiknya Shireen Sungkar yang merupakan pemeran utama pemain Cinta Fitri. Selain penyanyi, dia juga bermain sinetron, ftv, serta film layar lebar. Selain itu, setelah menikah dia juga merilis single bersama dengan suaminya dan menjadi seorang presenter di berbagai stasiun televisi.
            Zaskia Sungkar lahir pada tanggal 22 Desember 1990 di Jakarta. Ia merupakan seorang putri dari seorang sutradara di Indonesia yang bernama Mark Sungkar serta ibunya merupakan seorang penyanyi yang bernama Fanny Bauty. Zaskia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Sejak kecil, ia sudah sangat menyukai musik dan sering bernyanyi bersama adiknya.
            Setelah menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Texas 2Woman’s University ’08 public relations, ia bersama adiknya mengawali karirnya pada tahun 2008 dengan membuat grup duo yang bernama The Sisters yang menganut aliran pop.
            Zaskia Sungkar bersama suami nya ( Irwansyah ) saat ini memiliki E- Commerce Wokuwoku.com dan Brand Fashion , Zaskia Sungkar. Zaskia Sungkar sekarang lebih memilih menolak tawaran berakting di sinetron yang datang kepadanya karena Zaskia sedang lebih tertarik ke dunia tarik suara dan fashion. Pada tahun 2011, Zaskia sungkar melebarkan sayapnya sebagai perancang busana , kini butik zaskia sungkar sudah terdapat dibeberapa kota besar di Indonesia . Berbagai pergaan busana di dalam negri sampai luar negri juga pernah ia jalani, baru-baru ini Zaskia juga membuka butik nya bersama 10 perancang busana tanah air lainnya di kota Newyork, Amerika serikat.

Kelompok :
Hanuf Riris Pratiwi
Liah Sumarliah

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Zaskia_Sungkar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar