Jika kami mendapatkan modal
yang cukup untuk mendirikan sebuah UKM, kami akan mendirikan sebuah
bisnis di bidang fashion yaitu bisnis Footwear. Footwear adalah sepatu yang
sampai ke pergelangan kaki, digunakan untuk melindungi kaki dan memiliki style
yang sangat banyak dan terbuat dari banyak macam bahan. Dikarenakan trend
footwear yang semakin hari semakin berinovasi mulai dari bentuk sepatu maupun
bahan sepatu yang digunakan. Alasan kami memilih bisnis Footwear ini didasari
oleh beberapa hal diantaranya :
1.
Footwear
merupakan sepatu atau sendal yang sangat wajib digunakan dikalangan masyarakat.
2.
Bahan-bahan
yang dibutuhkan untuk membuat sepatu atau sendal berbagai macam.
3. Bentuk
atau model sepatu atau sendal itu sendiri dapat kita kreasikan sesuai dengan
permintaan pasar saat ini/mengikuti trend jaman sekarang.
Berikut
pembahasan tentang analisis 4P, cara kerja produk, target pasar dan pangsa
pasar, serta model bisnis dari produk kami :
4P (Product, Price, Place,
Promotion)
1. Produk
(Product)
Produk yang akan kami jual adalah footwear, seperti :
ü Flatshoes
ü Heels
ü Boots
ü Platform
ü Sandals
ü Sneakers
ü Wedges
2. Harga (Price)
Harga
yang kami targetkan untu footwear tersebut berkisar antara Rp.100.000 –
Rp.400.000 tergantung dari bahan yang digunakan dan model atau bentuknya.
3. Tempat
(Place)
Keberhasilan
suatu usaha juga didukung oleh dimana letak perusahaan tersebut didirikan.
Bisnis Footwear ini sendiri akan kami buatkan sebuah ruko kecil untuk tempat
kami menjual produk Footwear kami.
4. Promosi
(Promotion)
Untuk meningkatkan penjualan, maka bisnis kami harus
memiliki strategi pemasaran yang baik. Hal – hal yang dapat dilakukan oleh
bisnis Footwear kami adalah :
ü Pembagian brosur
ü Memasang iklan
ü Menaruh produk kami kedalam situs e-commerce
ü Melakukan system Endorsement kepada para Seelebgram
(cara ini termasuk ampuh untuk jaman sekarang yang sudah serba teknologi)
Target dan
Pangsa Pasar
Dalam
menjalankan usaha, seorang pengusaha harus tahu target dan pangsa pasarnya.
Segmentasi pasar digunakan untuk meneliti pasar secara keseluruhan dan kemudian
menempatkan konsumen dalam kelompok terpisah berdasarkan karakteristik umum.
Setelah mengklasifikasikan konsumen, barulah suatu perusahaan dapat mengetahui
kelompok mana yang terbaik dan tepat menjadi target pemasaran.
a.
Segmentasi Pasar
Segmentasi
pasar untuk penjualan Footwear ini kami fokuskan pada penjualan di wilayah
perkotaan. Karena berdasarkan pertimbangan kami, penduduk di wilayah perkotaan
cenderung lebih konsumtif jika dibandingkan dengan penduduk yang tinggal di
wilayah pedesaan.
b.
Target Pasar
Target pasar
pada penjualan Footwear ini untuk kalangan menengah khususnya dikalangan remaja
atau mahasiswa. Karena promosi bisnis kami mengutamakan media sosial yang
umumnya digunakan oleh kalangan muda, maka dari itu remaja atau mahasiswa
merupakan target pemasaran yang cocok untuk bisnis kami.
Peluang Bisnis Footwear
Dalam mencari peluang usaha yang sekiranya akan
dapat survive dan juga eksis dimasa yang akan datang memang merupakan tantangan
tersendiri. Kreatifitas dalam menggali ide sebaiknya memang dibuka lebar-lebar
termasuk jenis ide bisnis jualan sandal dan sepatu yang akan kita ulas lewat
artikel ini. Salah satu usaha yang kami rasa kedepan masih mempunyai prospek
yang cukup bagus mengingat sandal dan sepatu merupakan salah satu dari
kebutuhan manusia.
Setiap orang biasanya membutuhkan sandal dan juga
sepatu. Maka dari itu usaha jualan berbagai jenis sandal dan juga sepatu inilah
salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Untuk itu bisnis
inilah yang tak ada habisnya tinggal bagaimana strategi kita dalam memanfaatkan
usaha ini.
Model Bisnis
Model bisnis adalah suatu metode
dalam melakukan bisnis agar perusahaan dapat menghasilkan pendapatan untuk
mempertahankan keberadaan perusahaannya (Turban.2004,p11). Secara sederhana,
model bisnis adalah rencana untuk bagaimana sebuah perusahaan akan menghasilkan
uang. Dalam menjalankan bisnis Footwear ini, kami menerapkan model bisnis
offline dan online. Model bisnis offline artinya pembeli dapat datang langsung
ke toko untuk membeli produk yang mereka inginkan. Sedangkan model bisnis
online maksudnya adalah pembeli dapat membeli produk kami dengan cara online
atau tidak datang langsung ke toko. Kami akan bekerja sama dengan Go-Jek dan
Grab untuk memudahkan pembeli melakukan pembelian secara online.
BUSINESS
ADVISOR
Zaskia Sungkar
Zaskia
Sungkar merupakan salah satu vokalis dari duo vokal yang bernama The Sisters.
Salah satu vokalis dari The sisters adalah adiknya Shireen Sungkar yang
merupakan pemeran utama pemain Cinta Fitri. Selain penyanyi, dia juga bermain
sinetron, ftv, serta film layar lebar. Selain itu, setelah menikah dia juga
merilis single bersama dengan suaminya dan menjadi seorang presenter di
berbagai stasiun televisi.
Zaskia Sungkar lahir pada tanggal 22
Desember 1990 di Jakarta. Ia merupakan seorang putri dari seorang sutradara di
Indonesia yang bernama Mark Sungkar serta ibunya merupakan seorang penyanyi
yang bernama Fanny Bauty. Zaskia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Sejak
kecil, ia sudah sangat menyukai musik dan sering bernyanyi bersama adiknya.
Setelah menyelesaikan pendidikan
terakhirnya di Texas 2Woman’s University ’08 public relations, ia bersama
adiknya mengawali karirnya pada tahun 2008 dengan membuat grup duo yang bernama
The Sisters yang menganut aliran pop.
Zaskia Sungkar
bersama suami nya ( Irwansyah ) saat ini memiliki E- Commerce Wokuwoku.com dan
Brand Fashion , Zaskia Sungkar. Zaskia Sungkar sekarang lebih memilih menolak
tawaran berakting di sinetron yang datang kepadanya karena Zaskia sedang lebih
tertarik ke dunia tarik suara dan fashion. Pada tahun 2011, Zaskia sungkar
melebarkan sayapnya sebagai perancang busana , kini butik zaskia sungkar sudah
terdapat dibeberapa kota besar di Indonesia . Berbagai pergaan busana di dalam
negri sampai luar negri juga pernah ia jalani, baru-baru ini Zaskia juga
membuka butik nya bersama 10 perancang busana tanah air lainnya di kota
Newyork, Amerika serikat.
Kelompok :
Hanuf Riris
Pratiwi
Liah
Sumarliah
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Zaskia_Sungkar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar